BSA Goldstar 650 Reborn Gabungkan Kesan Retro-Modern

Gasspeedu –┬áMerek motor Inggris, Birmingham Small Arms atau BSA pernah menebar teaser bangkitnya model terbaru BSA Gold Star 2022 di gelaran Motorcycle Live di Inggris.

Bukan sekedar dilihat jadi momentum bangkitnya motor klasik Inggris, debut perdana ini cukup menyita perhatian publik dari tampang BSA Goldstar ‘muda’.

Memang, apa suguhan baru motor berkonsep klasik-modern ini?

Ini dia beberapa keunggulan menarik BSA Gold Star 650 reborn yang sudah masuk ke Indonesia melalui importir umum 2Wheelers by Glamour Auto Boutique.

BSA Goldstar memadukan warisan ‘resep’ dari versi lawas dan membawanya ke era sekarang.

Ciri khas logo BSA di tangki depan dengan tambahan visual grafis stripe berbasis warna tangki krom.

Foto: @2wheelers.id

Sedikit menengok ke bagian bawah, ada catalytic converter besar tertutup cover stainless yang membuat pipa knalpot seakan-akan menyambung dari depan sampai ke silincer belakang.

Walaupun stoplamp dan sein sudah LED. Tapi headlamp-nya masih menggunakan bohlam halogen.

Disusul dua panel instrumen bermodel analog di bagian atas setang. Bagian kiri menampilkan speedometer sedangkan bagian kanan berupa takometer.

Lalu, di bagian atasnya terdapat LCD mini untuk melihat indikator odometer, tripmeter dan fuelmeter.

Ada juga indikator lain seperti lampu, netral, ABS, temperatur oli dan standar samping di bagian batok headlamp.

Berbagai sakelar fungsi juga menghiasi bagian kanan kokpit, misalnya tombol engine cut-off, lampu hazard, starter dan dua lubang pengisian daya Type B dan C.

Sedangkan sebelah kiri terdapat tombol lampu, sein dan klakson.

Foto: @2wheelers.id

Bagian bodinya masih didominasi bahan pelat, seperti sepatbor dan side panel dengan logo tiga senapan untuk mengingatkan pabrikan BSA sebagai produsen pelat, senjata api, dan sepeda motor.

Jantung pacunya menggendong mesin satu silinder 652 cc DOHC 4 katup plus radiator.

Uniknya, biarpun sudah dilengkapi radiator, nuansa klasik tetap terasa dari kisi-kisi pendingin mirip seperti blok mesin lawas BSA.

Sistem kerja radiator juga tak kalah menarik, sebab pengisiannya terletak di dekat footstep kiri.

Mesin potensial BSA Goldstar punya output tenaga besar, 45 hp pada 6.500 rpm dan torsi 55 Nm pada 4.000 rpm ke dua roda belakang dengan transmisi 5 speed lewat rantai sebelah kanan.

Foto: @2wheelers.id

Untuk menjinakkan tenaga mesin, BSA Gold Star sudah mengusung cakram floating tunggal berukuran 320mm dan kaliper Brembo dua piston.

Sedangkan di belakang, tersedia cakram tunggal 255mm diapit kaliper satu piston Brembo.

Dua komponen pengereman ini sudah dibekali ABS (Anti-lock Braking System) untuk mengatasi roda terkunci saat mengerem.

Foto: @2wheelers.id

Bantingan halus kaki-kaki, dihasilkan dari kombinasi sokbreker depan teleskopik (41mm) dan dua sokbreker belakang dilengkapi 5-step adjustable preload.

Sektor roda BSA Goldstar 650 dipasangkan velg jari-jari ukuran 2.50×18 inci dan 4.25×17 inci yang dibalut rapi ban Pirelli Phantom Sportcomp berukuran 100/90-18 dan 150/70-R17.

Soal harga, satu unit BSA Gold Star 650 dibanderol mulai Rp 385 juta oleh importir umum 2Wheelers by Glamour Auto Boutique. Ssst siapa cepat dia dapat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *