35 Tahun Vakum, Lomba Kereta Peti Sabun Kembali Meriahkan Kota Bandung

Gasspeedu – Jalan Diponegoro, Kota Bandung tepatnya di area Museum Geologi dipadati para wisatawan dan masyarakat Kota Bandung selama dua hari ini, Sabtu-Minggu (26-27/8) menyaksikan Lomba Kereta Peti Sabun (LKPS).

Sebetulnya LKPS sudah berlangsung sejak lama. Mulai periode perang dunia ke-II sampai masa penjajahan Jepang. Lalu berlanjut di era 1950-an dan menjadi kompetisi tahunan yang sukses menjadi daya tarik wisatawan.

Foto: Gasspeed-U
Foto: Gasspeed-U

Kereta peti sabun merupakan sebuah kendaraan berdimensi kecil yang hanya memuat satu orang tanpa mesin. Kendaraan ini punya bentuk menyerupai kotak yang mirip kotak sabun dengan tambahan empat buah roda.

Berkaca ke belakang, kereta peti sabun populer di Amerika pada 1930-an dan sudah diikutsertakan sebagai salah satu cabang olahraga.

Foto: Gasspeed-U
Foto: Gasspeed-U

Terhitung sebanyak 125 pebalap Kereta Peti Sabun mengisi beberapa kategori dalam gelaran lomba yang ke-10 di Kota Bandung.

Foto: Gasspeed-U
Foto: Gasspeed-U

Menariknya, bukan hanya dari kalangan pebalap saja, tetapi juga melibatkan masyarakat yang antusias menyaksikan LKPS yang kembali digelar setelag vakum selama kurang lebih 35 tahun tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *