Bedah Singkat Motor Listrik Zero, Kawal Penjagaan KTT ASEAN 2023

Gasspeedu – Pengalawan ketat tim keamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 turut melibatkan hadirnya motor listrik Zero, sebagai bagian dari 480 unit kendaraan listrik lain.

Acara pertemuan puncak antar pemimpin negara anggota ASEAN ini digelar pada 5 – 7 September 2023 lalu di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Dengan tugas pengawalan delegasi KTT ASEAN 2023 dan motor penyelamatan, penyelenggara menerjunkan Zero DSR dan SR/S. Motor yang sama seperti kegiatan KTT G20 Bali pada November 2022 lalu.

Perbedaan antara kedua motor listrik tersebut sudah terlihat dari tampilannya. Zero DSR mengusung model naked bike, sedangkan Zero SR/S memiliki desain sport touring plus top box dan side box.

Foto: Youtube Sekretariat Presiden

Dua motor listrik ini diberi livery warna warna warna biru, hitam dan putih sebagai color tone milik dinas Polisi Militer (PM).

Menengok ke sektor tenaga, ada perbedaan mendasar antara Zero DSR dan Zero SR/S. Untuk Zero DSR dibekali motor penggerak listrik 52.000 Watt dengan baterai 14.4 kWh.

Konfigurasi ini mampu hasilkan tenaga 70 hp pada 3.500 rpm dengan putaran torsi 157 Nm, dan top speed 163 km/jam. Adapun, jarak tempuhnya mampu menjangkau sampai 262 km.

Foto: Youtube Sekretariat Presiden

Lanjut ke tipe Zero SR/S, pemilihan motor penggerak listrik lebih besar mencapai 82.000 Watt. Tentunya, tenaga yang dihasilkan lebih besar dengan menghasilkan 110 dk pada 5.600 rpm, torsi puncak 190 Nm, dan top speed 200 km/jam.

Daya besar di motor penggerak listriknya didukung oleh pemilihan baterai Z-Force berjenis Lithium-Ion dengan berkapasitas maksimum 17,3 kWh. Berbicara jarak tempuh, Zero SR/S diklaim mampu menjangkau sampai 301 km.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *