Gaung ‘Retro Future’ Kustom Fest 2023 Dimulai, Banyak Kreasi Baru

Gasspeedu – Mengangkat tema ‘Retro Future’, KUSTOMFEST 2023 mendorong sebuah karya untuk dirancang sedemikian rupa sehingga mampu menembus batas agar menjadi produk bernilai tinggi di masa mendatang. Persembahan Retro Future ini bisa dilihat selama dua hari penyelenggaraan KustomFest di Jogja Expo Center (JEC), pada 7-8 Oktober 2023.

Opening Ceremony Kustomfest 2023 ini dibuka Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dalam khir sesi pembukaan, ia membubuhkan tanda tangannya pada mobil kustom sebuah pikap flat-deck berbasis Toyota Crown, yang nantinya akan menjadi lucky draw yang diundi di hari terakhir Kustomfest.

Opening Ceremony Kustomfest 2023 ini dibuka oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dalam sesi pembukaan, ia membubuhkan tanda tangannya pada mobil kustom yang nantinya akan menjadi lucky draw yang diundi di hari terakhir Kustomfest.

Foto: Gasspeedu

Berbagai program acara menarik disiapkan KustomFest yakni Kustom Bike Show, Hot Rod & Kustom Car Show, Kustom Journey, Kustom Paint Exhibition, Von Dutch Wizard Lamp Paint Contest, Kuroboshi Airbrush/Spray Paint Kontest, Kustom Paint Battle, Helmet Kustom Paint Kontest, Diecast Kontest, Kustom Bicycle Show, RC Show Off Body Contest, BMX Kontest, Pin Up Contest dan juga balapan Flat Track.

Menurut Lulut ‘LT’ Wahyudi selaku Director KustomFest, tema Retro Future tahun ini diangkat sebagai sebuah cerminan sejarah panjang produk otomotif terkategori dalam berbagai era yang lazim disebut vintage, prewar, classic, retro.

Foto: Gasspeedu

Pada saat sebuah kendaraan dibuat baik desainer, produsen, sales sampai pembeli tidak pernah berpikir produk tersebut akan menjadi sebuah produk vintage, klasik, retro dan sebagainya di masa akan datang. Kita tahu, yang membedakan setiap era tersebut adalah muncul karya yang dihasilkan pelaku kustom kulture,” papar Lulut.

Direktur KustomFest, Lulut ‘LT’ Wahyudi saat memberikan orasi pembukaan acara KustomFest 2023

Ia juga menambahkan, makna tagline ini lebih untuk mengajak berpikir, melihat, dan mencermati bahwa kendaraan atau produk yang saat ini mungkin terlihat biasa saja, tetapi di masa depan bisa jadi sesuatu yang langka dan menjadi produk buruan kolektor.

Foto: Gasspeedu

Seperti penyelenggaraan sebelumnya, KustomFest juga dihadiri pegiat kustom kulture  berbagai negara. Builder internasional bereputasi dunia yang hadir yakni Mooneyes, Hiro “Wildman” Ishii, Natqq, Winston Yeh (Rough Crafts), Kaichiroh Kurosu (Cherrys Company), Masayuki Sugihara (Luck MC), Yuichi Yoshizawa (CW Zon), hingga Toshiyuki “Cheetah” Osawa.

Untuk hiburan musik, aksi band papan atas seperti Deadsquad, Kelompok Penerbang Roket, The Sigit, Jangar dan The Hydrant akan menghibur pengunjung sambil menikmati sajian kuliner dan aktivitas outdoor.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X saat mencoba 3-Wheeler garapan Retro Classic Cycles

Selain berbagai program hiburan, KustomFest juga menghadirkan edukasi teknologi dan inovasi kekinian lewat kegiatan talkshow yang menghadirkan pelaku aktif. Salah satu topik menarik yang dibahas yakni persoalan seputar elektrifikasi yang dicanangkan pemerintah.

Topik talkshow elektrifikasi berupa percepatan konversi motor listrik yang digelar PT Pegadaian dengan Elders Elettrico yang mengundang vokalis Kaka Slank sebagai pengguna motor listrik.

KustomFest bersama Manasi Ride ‘The Rollin Waves’ juga menggelar kegiatan riding bagi bikers yang ingin datang ke KustomFest dengan touring bersama. Rombongan berangkat bersama dari arah Timur menyusuri jalur lintas Pantai Selatan menempuh rute Surabaya, Pacitan, hingga Yogyakarta dari 6-7 Oktober 2023.

Seperti penyelenggaraan sebelumnya, KustomFest juga dihadiri pegiat kustom kulture  berbagai negara

Tradisi Lucky Draw yang menjadi daya tarik KustomFest juga tetap ada dan diundi di penghujung acara. Kali ini, Lucky Draw KustomFest menyiapkan satu unit mobil kustom pickup flat deck.

Mobil kustom bermesin 6-silinder segaris rancangan tim Retro Classic Cycles ini melibatkan UMKM otomotif lainnya seperti bengkel cat, mesin, dan interior dalam pembuatannya. “Hadiah ini kami siapkan untuk penonton setia KustomFest yang datang membeli tiket masuk Rp 100.000,” pungkas Lulut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *